Vladimir Putin ingin ke Indonesia

Fladimir Putin

JP. JAKARTA – Vladimir Putin menyatakan keinginannya untuk datang ke Indonesia.  Putin ingin menghadiri KTT G20 di Indonesia November mendatang, kata duta besar Rusia di Jakarta Rabu (23/3).

“Itu akan tergantung pada banyak, banyak hal, termasuk situasi COVID, yang semakin baik. Sejauh ini, niatnya adalah … dia ingin [hadir],” kata Duta Besar Rusia Lyudmila Vorobieva dalam konferensi pers di Jakarta seperti dikutip Reuters.

Ditanya tentang isu Rusia dapat dikeluarkan dari G20 akibat invasi ke Ukraina, Vorobieva mengatakan itu adalah forum untuk membahas masalah ekonomi dan bukan krisis seperti Ukraina.

“Tentu saja pengusiran Rusia dari forum semacam ini akan tidak membantu mengatasi masalah-masalah ekonomi. Sebaliknya, tanpa Rusia akan sulit untuk melakukannya.”

Vorobieva mendesak Indonesia untuk tidak terombang-ambing oleh tekanan dari negara-negara Barat.

“Kami sangat berharap pemerintah Indonesia tidak menyerah pada tekanan mengerikan yang tidak hanya diterapkan pada Indonesia tetapi begitu banyak negara lain di dunia oleh Barat,” kata Vorobieva, yang juga mengatakan Rusia secara aktif mengambil bagian dalam semua pertemuan G20.

Sementara itu Amerika Serikat dan sekutu-sekutu Baratnya sedang menimbang-nimbang apakah Rusia tetap bisa berada dalam kelompok 20 negara terkemuka itu setelah invasi Moskow ke Ukraina, ungkap sumber yang terlibat dalam pembicaraan itu kepada Reuters.

Tetapi setiap upaya untuk mengeluarkan Rusia kemungkinan akan diveto oleh sesama anggota lain dalam kelompok tersebut, dan ini justru berisiko membuat beberapa negara tidak mau mengikuti rangkaian pertemuan G20, ungkap sumber itu lagi.

Kementerian luar negeri Indonesia menolak untuk mengomentari seruan-seruan agar Rusia dikeluarkan dari G20. (fap)

Sumber: BBC

Pos terkait